Uncategorized

Selain Aguero Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini

Selain Aguero, Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini
Marco van Basten

bolasingaLOUNGE – Selain Aguero, Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini

Pada Rabu, 15 Desember 2021, dunia sepak bola harus kehilangan salah satu striker terbaik yang pernah ada, Sergio Aguero. Pasalnya, di hari itu pemain asal Argentina yang tengah membela Barcelona tersebut memutuskan untuk pensiun akibat gangguan jantung yang ia derita. Aguero pun menyudahi karier profesionalnya di usia yang baru menginjak 33 tahun.

Selain Aguero, ada lima pemain lain yang juga mengalami hal serupa. Mereka terpaksa pensiun dini dengan berbagai alasan. Dari yang paling lazim seperti cedera, mengidap suatu kondisi kesehatan khusus yang bisa membahayakan nyawa jika tetap meneruskan bermain, atau juga karena tidak lagi menikmati olahraga ini. Siapa saja kelima nama tersebut? 

1. Andre Schurrle

Selain Aguero, Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini
Andre Schurrle

Andre Schurrle, pemberi assist bagi Mario Gotze yang mencetak gol tunggal Jerman di final Piala Dunia 2014, memutuskan untuk pensiun pada Juli 2020 lalu di usianya yang baru 29 tahun. Mantan pemain yang mengawali karier seniornya di Mainz ini mengungkapkan bahwa kesehatan mental menjadi alasan utama di balik keputusannya tersebut. Ia merasa bahwa tekanan yang ada dalam industri sepak bola telah merenggut kecintaannya terhadap olahraga ini.

Sejak berkarier pada 2009, pemain kelahiran 6 November 1990 ini mencatatkan 420 pertandingan, 110 gol, dan 53 assist di level klub. Selain Mainz, ia juga pernah membela Bayer Leverkusen, Chelsea, Wolfsburg, Borussia Dortmund, Fulham, dan Spartak Moscow. Sementara untuk tim nasional Jerman, Schurrle mengoleksi 57 caps dengan torehan 22 gol dan 7 assist. Selain gelar Piala Dunia 2014, ia juga meraih 1 gelar Liga Inggris, 1 Piala FA, 2 DFB Pokal, dan 1 Piala Super Jerman.

2. Ryan Mason

Selain Aguero, Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini
Ryan Mason

Ryan Mason harus rela untuk pensiun di usia 26 tahun pada Februari 2017. Penyebabnya adalah cedera kepala yang ia alami sebulan sebelumnya akibat berbenturan dengan Gary Cahill ketika Hull City berhadapan dengan Chelsea di Liga Inggris. Saat itu laga bahkan harus terhenti hingga sembilan menit karena insiden tersebut.

Pemain kelahiran 13 Juni 1991 ini merupakan produk akademi Tottenham Hotspur. Ia sempat dipinjamkan ke beberapa klub yaitu, Yeovil Town, Doncaster Rovers, Milwall, FC Lorient, Swindon Town, hingga akhirnya dijual ke Hull City pada 2016 yang sekaligus menjadikannya sebagai rekor pembelian termahal klub tersebut. Total, selama kariernya, pemain yang juga mencatatkan satu caps bersama tim nasional Inggris ini bermain dalam 180 pertandingan dengan mencetak 27 gol dan 19 assist.

Sejak 2019 Mason pun kembali ke Tottenham untuk mulai menyiapkan lisensi kepelatihannya. Pada April 2021 lalu ketika Spurs memutuskan untuk memecat pelatih mereka saat itu, Jose Mourinho, Mason pun ditunjuk sebagai pelatih sementara selama 7 pertandingan. Itu menjadikannya sebagai pelatih termuda sepanjang sejarah Premier League dengan usia 29 tahun.

3. Michael Johnson

Selain Aguero, Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini
Michael Johnson 

Michael Johnson mulai mencuri perhatian ketika ia berhasil masuk ke tim senior Manchester City di usia 18 tahun pada musim 2006/2007 dan mencatatkan 10 penampilan. Di musim berikutnya, ia semakin cemerlang dengan bermain sebanyak 25 pertandingan dan mencetak dua gol serta tiga assist. Sayangnya, di musim ini pula kariernya sebagai pesepak bola mulai terganggu akibat cedera hernia.

Kesempatannya untuk kembali tampil semakin sulit didapat dengan banyaknya pemain bintang yang bergabung setelah klub tersebut dibeli oleh Seikh Mansour pada 2008. Selama empat musim selanjutnya, sosok kelahiran 24 Februari 1988 ini hanya mencatatkan 11 penampilan. Pada musim 2011/2012 ia dipinjamkan ke Leicester City sampai akhirnya memutuskan pensiun pada Januari 2013 di usia yang masih 24 tahun.

Menurut pengakuannya, cedera yang dialaminya tersebut berdampak juga pada kesehatan mentalnya. Hal tersebutlah yang baginya lebih menjadi faktor ketika memutuskan untuk pensiun. Ia tidak ingin merasa bahwa dirinya hanya bernilai sebagai seorang pesepak bola alih-alih sebagai seorang manusia yang utuh.

4. Fabrice Muamba

Selain Aguero, Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini
Fabrice Muamba 

Fabrice Muamba menjadi satu pemain lain yang pernah mengalami serangan jantung mendadak ketika tengah bertanding. Insiden mengerikan ini ia alami pada 17 Maret 2012 ketika membela Bolton Wanderes menghadapi Tottenham Hotspur dalam laga Piala FA. Syukurnya, nyawa pemain kelahiran 6 April 1988 ini berhasil diselamatkan meski detak jantungya sempat terhenti selama 78 menit.

Setelah melewati pengobatan, ia pun akhirnya memutuskan untuk pensiun di bulan Agustus tahun tersebut di usia 24 tahun. Muamba yang merupakan lulusan akademi Arsenal total mencatatkan 229 pertandingan dalam kariernya dengan torehan 6 gol dan 8 assist. Karena talentanya, ia sempat dijuluki sebagai The Next Patrick Vieira.

5. Marco van Basten

Selain Aguero, Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini
Marco van Basten

Usia 28 tahun biasanya menjadi puncak karier dari seorang pesepak bola. Namun, bagi Marco van Basten, itu justru adalah akhir. Striker tajam asal Belanda tersebut memutuskan pensiun di usia tersebut, tepatnya pada Juli 1995. Tiga Ballon d’Or bisa menjadi gambaran kehebatan sang pemain.

Sebagai catatan, meski memutuskan pensiun pada 1995, van Basten bermain terakhir kalinya di musim 1992/1993. Ini semua diakibatkan cedera ankle yang dideritanya. Menurut penuturan sosok kelahiran 31 Oktober 1964 ini, cedera tersebut ia alami untuk pertama kalinya pada 1986. Penanganan yang telat memperparah kondisinya yang kemudian berdampak pada kehancuran kariernya tersebut. 

Itu tadi lima pemain yang terpaksa pensiun dini. Banyak pesepak bola yang sering mengatakan bahwa karier di dunia si kulit bundar ini memang sangatlah pendek. Kelima pemain di atas semakin menegaskan ungkapan tersebut. Itu sebabnya perencanaan jangka panjang menjadi begitu penting.

Selain Aguero, Ini 5 Pesepak Bola yang Terpaksa Pensiun Dini

Support By : SINGABOLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *