BERITA UNIK BERITA VIRAL

Ragam Minuman Legendaris Khas Jawa Timur, Mulai dari Pelepas Dahaga hingga Bugarkan Tubuh

Bolasingalongue Ragam minuman khas Jawa Timur tak hanya siap sebagai pelepas dahaga ketika cuaca terik saja, namun juga ada minuman tradisional yang akan membugarkan tubuh.

Apa saja ragam minuman tradisional yang memperkaya khazanah kuliner Jatim?

Wedang Angsle

Jika Anda berkunjung ke Jawa Timur, tak afdol bila tidak mencicipi wedang angsle.

Secara tampilan, wedang angsle lebih menyerupai kolak.

Beberapa varian wedang jahe angsle adalah, roti, putu, ketan dan kacang hijau.

Es Sinom

Sinom merupakan salah satu bagian dari tanaman asam yang berupa daun dan terletak di ujung tangkainya. Cita rasa alami tersebut menjadi bahan utama dalam minuman Sinom.

Selain itu, dalam sajian es sinom juga terdapat rempah-rempah lainnya seperti kunyit, temulawak, kayu manis, gula merah, dan lain sebagainya.

Jika sudah diolah, biasanya Sinom memiliki citarasa yang cenderung manis. Selain itu, teksturnya juga lebih encer dingin. Cocok untuk menyegarkan diri di tengah panasnya kota Surabaya.

Sedangkan manfaat bagi wanita antara lain adalah mengatasi nyeri haid dan menjaga kesehatan kulit.

Wedang Pokak

Sirup pokak atau biasa disebut juga wedang pokak merupakan minuman legendaris Jawa Timur yang berasal dari Probolinggo. Biasanya ini biasa disajikan dalam perayaan besar termasuk Idul Fitri.

Sirup pokak terbuat dari gula merah atau gula putih, pandan, kayu manis, cengkeh serta jeruk purut.

Teh Kocok

Teh kosok merupakan minuman khas Kota Surabaya, Jawa Timur. Jika sedang berada di Surabaya, Anda tak akan sulit menemui orang menjual teh kocok karena banyak sekali warung yang menyediakan menu ini.

Minuman ini mirip dengan teh tarik yang melegenda di Aceh. Minuman dingin ini terbuat dari perpaduan antara teh hitam dan kopi.

Es Pleret

Es pleret adalah minuman legendaris di Blitar, Jawa Timur. Anda harus menyicipi rasa manis dan menyegarkan dari es pleret ketika sedang berada di Blitar.

Nama pleret diambil dari isian utama dalam es tersebut, yakni pleret yang terbuat dari tepung beras. Membuat pleret juga cukup rumit sehingga tak semua orang bisa memasaknya di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *