BERITA UNIK

Jenis Permainan Air yang Seru untuk Anak

bolasingaLOUNGE – Bermain air selalu menyenangkan bagi sebagian besar anak. Inilah permainan air yang seru untuk anak bermain.

Bahkan, beberapa anak selalu berlarian keluar rumah saat hujan tiba. Bermain hujan dan lumpur di depan rumah menjadi salah satu permainan air yang digemari anak.Beberapa orang tua mungkin merasa khawatir saat anaknya bermain air.

Ya Moms, mungkin Anda takut bila si kecil akan kedinginan, atau malah tak sengaja meminum air mentah sehingga membuat perutnya sakit.

Tapi, semua itu bisa dihindari jika orang tua selalu mendampingi anak-anaknya saat bermain air.

Bermain air memiliki banyak manfaat baik untuk anak. Mulai dari meningkatkan keterampilan motorik hingga perkembangan bahasa pada anak.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengajak anak melakukan permainan air ya, Moms. Berikut ini kumparanMOM akan merekomendasikan permainan air yang bisa dilakukan bersama si kecil seperti dikutip dari Happy Hooligans berikut ini:

5 Permainan Air yang Seru untuk Anak

1. Eksperimen tenggelam atau mengapung

Permainan ini dapat dilakukan dengan kolam renang anak ataupun kolam renang sungguhan dengan kedalaman yang dapat dijangkau si kecil. Aktivitas bermain air yang mudah ini adalah cara yang menyenangkan untuk mengajari balita dan anak-anak prasekolah cara membuat prediksi dan menarik kesimpulan tentang kepadatan dan daya apung.

2. Melukis dengan air

Melukis dengan air? Memangnya bisa?Tentu saja bisa, Moms. Carilah permukaan yang dapat berubah warna menjadi menggelap setelah terkena air, misalnya konblok di depan rumah. Gunakan roller atau kuas cat dan biarkan anak berkreasi membuat berbagai bentuk dengan air.

3. Eksperimen pencampuran warna

Berbagai warna yang mencolok selalu menarik perhatian anak-anak. Anda dapat mengajak anak melakukan permainan ini dengan menyiapkan air di dalam mangkuk bening yang besar. Kemudian masukkan potongan es batu ke dalamnya. Lalu mintalah anak untuk meneteskan beberapa pewarna makanan ke dalamnya. Lihatlah bagaimana si kecil akan takjub melihat hasilnya, Moms.

4. Mencuci pakaian

Permainan ini mungkin akan tampak seperti mencuci pakaian sesungguhnya. Tapi, kegiatan ini dilakukan dengan mencuci pakaian dari boneka yang dimiliki si kecil. Mintalah anak untuk melepaskan semua pakaian dari bonekanya. Kemudian ajak ia mencucinya bersama dengan air di dalam baskom yang besar. Aktivitas ini akan membuat anak belajar tentang kebersihan, sekaligus membantu perkembangan motoriknya.

5. Memandikan boneka

Ajaklah anak bermain peran dengan menjadi orang tua dari bonekanya. Kemudian, beri tahu si kecil bahwa ini adalah saatnya untuk memandikan anaknya alias bonekanya itu. Siapkan baskom besar berisi air dan juga peralatan mandi, seperti handuk, sabun, sampo, sikat dan pasta gigi. Permainan ini bermanfaat untuk memberikan pengetahuan pada anak tentang bagaimana caranya mandi yang benar, sehingga suatu saat ia bisa mandi sendiri tanpa bantuan Anda, Moms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *