BERITA UNIK

5 Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Salah Satunya Bikin Jantung Sehat

Bolasingalongue  Menghabiskan waktu berkualitas dengan punya anjing, kucing, atau hewan peliharaan lain ternyata dapat berdampak positif pada suasana hati dan kesehatan Anda. 

Hewan peliharaan bisa menjadi “obat stres” yang menenangkan dan menyenangkan.

“Kami menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan, rata-rata, lebih baik daripada bukan pemilik, terutama ketika mereka punya kualitas hubungan yang lebih tinggi dengan hewan peliharaan mereka,” kata peneliti hewan peliharaan Allen R. McConnell PhD. 

Namun, mengenai kualitas hubungan antara pemilik dan hewan peliharaan, Allen mengatakan hal itu bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. 

Melansir WebMed, berikut sejumlah manfaat memiliki hewan peliharaan bagi kesehatan Anda.

1. Jantung Lebih Sehat

Anjing Anda mungkin membuat Anda lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan pemilik anjing lebih banyak berjalan dan memiliki tekanan darah lebih rendah daripada orang yang tidak memiliki anjing.

Hewan peliharaan juga bisa baik untuk Anda jika Anda sudah memiliki masalah jantung.

Menurut penelitian, orang yang selamat dari serangan jantung dan orang dengan irama jantung abnormal yang serius yang memiliki anjing hidup lebih lama daripada orang dengan masalah jantung yang sama yang tidak memiliki hewan peliharaan.

2. Penenang Stres

Mengelus kucing atau anjing Anda terasa menyenangkan. Ini dapat menurunkan tekanan darah Anda, membantu tubuh Anda melepaskan hormon relaksasi, dan mengurangi kadar hormon stres.

Ini juga menenangkan hewan peliharaan Anda, kata Alan Beck ScD, direktur Pusat Ikatan Manusia-Hewan di Universitas Purdue.

3. Suasana Hati Lebih Baik, Lebih Berarti

Orang yang memiliki hewan peliharaan umumnya lebih bahagia, lebih percaya, dan tidak terlalu kesepian dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Mereka juga lebih jarang mengunjungi dokter untuk masalah kecil.

Salah satu alasannya mungkin karena hewan peliharaan Anda memberi Anda rasa memiliki dan berarti, kata McConnell. “Anda merasa memiliki kendali yang lebih besar atas hidup Anda.

4. Risiko Alergi Rendah

Menurut beberapa penelitian, bayi yang dibesarkan dalam keluarga yang memiliki hewan peliharaan mungkin lebih kecil kemungkinannya terkena alergi dan asma.

Tapi Itu harus dimulai sejak dini, idealnya sebelum bayi berusia 6 bulan, kata Beck.

Bayi dengan anjing atau kucing di rumah memiliki lebih sedikit pilek dan infeksi telinga selama tahun pertama mereka daripada bayi yang tinggal di rumah tanpa hewan peliharaan.

5. Dukungan Sosial untuk Anak Autis

Anak-anak cenderung untuk berhubungan lebih baik dengan teman sekelas mereka yang memiliki autisme ketika hewan peliharaan berada di dalam kelas.

“Hewan mengubah lingkungan kelas dan membantu mengintegrasikan mereka yang sedikit berbeda,” kata Beck. 

“Begitu anak-anak berinteraksi dengan hewan, mereka memandang satu sama lain dengan lebih positif dan bekerja sama dengan lebih baik.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *