BERITA UNIK

3 Penyakit Akibat Infeksi Virus Yang Sering Di alami Anak

Majalahsinga – 3 Penyakit Akibat Infeksi Virus Yang Sering Di alami Anak. Infeksi virus sangat mudah di alami oleh bayi dan anak-anak. Meski umumnya tidak menyebabkan gejala serius, infeksi virus juga tidak bisa di sepelekan. Sebab, ada beberapa penyakit berbahaya yang bisa terjadi akibat infeksi virus.

Apa saja penyakit tersebut? Berikut informasinya:

  1. Virus perut

Penyakit Virus perut menyerang pencernaan yang dapat menimbulkan masalah yang signifikan bagi bayi dan anak. Virus ini bisa diare yang berujung pada dehidrasi. celakanya lagi, virus perus bisa menyebar cepat ke aliran darah jika menyerang selama bulan pertama kehidupan bayi. Infeksi semacam itu dapat menyebabkan kerusakan hati, meningitis, ensefalitis, dan radang jantung.

  1. Respiratory syncytial virus(RSV)

Bayi di bawah usia enam bulan yang terkena virus ini sering di rawat di rumah sakit. Sebab, virus ini dapat menyebabkan bronkiolitis, suatu kondisi di mana saluran udara kecil di paru-paru membengkak menghalangi aliran udara dan terisi dengan lendir. RSV juga menyebabkan pneumonia.

  1. Flu

Orang dewasa mungkin tidak akan mengalami komplikasi parah saat terkena flu.

Namun, lain cerita dengan anak-anak atau bayi. Bayi bisa mengalami sakit yang parah saat terkenan flu karena sistem imunitas mereka belum berkembang dengan sempurna.

Pada anak-anak, flu bisa menyebabkan pneumonia atau apnea.

Penyebaran Virus

Virus dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung (bersin atau pilek) dan mulut (air liur atau batuk). Virus juga dapat menyebar melalui muntahan atau feses (kotoran), terutama saat seseorang mengalami diare.

Untuk menjaga anak dari infeksi virus, pastikan agar kita mengajarinya anak untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara berikut:

  • rajin cuci tangan sampai bersih
  • tidak berbagi cangkir atau peralatan makan
  • menerapkan etika bersin dan batuk
  • menggunakan tisu daripada sapu tangan – ajari anak Anda untuk membuang tisu ke tempat sampah segera setelah mereka menggunakannya dan mencuci tangan setelahnya.

Jika anak Anda tidak sehat karena virus, jauhkan mereka dari penitipan anak, taman kanak-kanak atau sekolah sampai mereka sehat kembali.

Hampir tidak mungkin untuk mencegah anak Anda tertular virus, tetapi Anda dapat membantu menjaga sistem kekebalan anak tetap kuat dengan baik dengan memastikan mereka memiliki pola makan yang seimbang dan istirahat yang cukup.

Orangtua juga perlu selalu mengikuti perkembangan imunisasi anak untuk mencegah virus seperti campak, gondok, rubella, dan cacar air (varicella). 3 Penyakit Akibat Infeksi Virus Yang Sering Di alami Anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *