BERITA KESEHATAN

Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan Menurut Ahli Gizi

BOLASINGALONGUE Daun ketumbar adalah salah satu bumbu masak sehat dengan kandungan gizi yang paling beragam. Seperti vitamin A, K, dan C serta antioksidan. Tanaman ini biasa digunakan dalam masakan Meksiko, Asia, dan Timur Tengah, serta masakan lainnya di seluruh dunia.

1. Mendukung kesehatan tulang dan kekebalan tubuh

Ahli gizi Cynthia Sass MPH RD menjelaskan, bahwa seperempat cangkir daun ketumbar mentah (seukuran bola golf) menyediakan 16% dari nilai harian (DV) vitamin K, yang mendukung kesehatan tulang dan membantu penyembuhan luka. 

Tanaman ini juga menawarkan 5% DV vitamin A dan 2% DV vitamin C, yang bertanggung jawab untuk fungsi kekebalan tubuh. Ukuran porsi tersebut pun hanya menambahkan kurang dari satu kalori ke makanan Anda. 

2. Ketumbar mengandung antioksidan

Di luar nilai vitaminnya, ketumbar juga menawarkan senyawa penting yang disebut antioksidan, menurut ulasan tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules. Salah satunya polifenol.

Polifenol mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang mungkin berkontribusi pada penuaan dini dan peningkatan risiko penyakit.

3. Membantu kesehatan jantung

Berdasarkan ulasan tahun 2022 Molecules yang sama, daun ketumbar memiliki manfaat kardiovaskular, seperti mengatur tekanan darah dan irama jantung. Para peneliti berteori bahwa ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dari daun ketumbar.  

4. Membantu melawan infeksi bakteri dan jamur

Manfaat lain dari daun ketumbar adalah melawan infeksi bakteri dan jamur. Salah satu studi terdahulu menunjukkan bahwa zat aktif dari daun ketumbar bisa membunuh bakteri Salmonella enterica.

“Bakteri inilah yang membuat Anda sakit perut saat keracunan makanan,” tulis Sass.

  • Meningkatkan kesehatan otak.
  • Menyehatkan kulit. Manfaat lain daun ketumbar untuk kesehatan, yakni dapat menyehatkan kulit. …
  • Pengawet alami dan aktibakteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *