BERITA BOLA

Timnas Spanyol Tanpa David De Gea di UEFA Nations League 2022-2023, Begini Penjelasan Luis Enrique

MAJALAHSINGATIMNAS Spanyol sudah dua kali melakoni pertandingan di UEFA Nations League 2022-2023. Namun, ada pemandangan berbeda, ketika La Furia Roja (julukan Timnas Spanyol) berlaga. Ya, mereka bermain tanpa David De Gea di bawah mistar gawang.

Tentu, hal tersebut cukup mengejutkan publik. Pasalnya, David De Gea kerap jadi pilihan di bawah mistar gawang Spanyol. Tapi, tidak untuk dua laga di UEFA Nations League 2022-2023.

Luis Enrique

Mengenai hal tersebut, Pelatih Spanyol, Luis Enrique, mengungkapkan alasan tak memanggil David De Gea. Menurutnya penjaga gawang harus bisa memberikan keamanan untuk rekan-rekannya.

Sebagaimana diketahui, timnas Spanyol telah mengumumkan 25 nama pemain untuk berlaga di UEFA Nations League 2022-2023. Dari 25 nama pemain yang dipanggil tidak terdapat nama De Gea.

De Gea telah menjadi penjaga gawang utama timnas Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi penampilan buruknya bersama Manchester United, membuat Luis Enrique disinyalir lebih memilih penjaga gawang lain.

Eks pelatih Barcelona itu pun lebih memilih Unai Simon (Athletic Bilbao) sebagai kiper utama Timnas Spanyol. Kemudian ada David Raya (Brentford) dan Roberts Sanchez (Brighton) sebagai pelapis Simon.

Sementara itu, Luis Enrique mengatakan telah menentukan tiga penjaga gawang untuk timnas Spanyol. Ia pun tak kesulitan untuk menentukan penjaga gawang mana yang akan bermain di setiap pertandingan.

“Saya ingin memiliki tiga penjaga gawang awal dan saya pikir saat ini saya memilikinya. Sejujurnya. Saya tidak akan mempermasalahkan salah satu dari mereka bertiga sebagai starter,” kata Luis Enrique dilansir dari Mirror.

Pelatih 52 tahun itu menjelaskan Simon telah mendapatkan pengalaman bagus selama bermain di Timnas Spanyol. Lebih lanjut, Luis Enrique mengatakan seorang penjaga gawang harus tampil berani di lapangan.

“Unai (Simon) telah mengumpulkan beberapa pengalaman menarik. Seorang penjaga gawang harus memulai permainan dan menghasilkan keunggulan pertama, mereka harus mendominasi permainan udara,” ucapnya.

David De Gea

Selain itu, Luis Enrique mengaku ingin penjaga gawangnya bisa memberikan ketenangan di setiap pertandingan. Meski masih melakukan sejumlah kesalahan, Luis Enrique tetap suka dengan performa penjaga gawang mudanya itu.

“Saya membutuhkan penjaga gawang yang mengirimkan kedamaian dan ketenangan kepada saya dan itu tidak berarti mereka tidak akan membuat kesalahan, kesalahan adalah bagian dari sepak bola. Tapi apa yang mereka hasilkan sangat saya sukai,” terangnya.

Terlepas dari itu semua, Timnas Spanyol sendiri belum menuai hasil memuaskan. Mereka baru saja menelan dua hasil imbang di Grup A2 UEFA Nations League 2022-2023. Pertama 1-1 kontra Portugal.

Kemudian, ditahan imbang 2-2 oleh Republik Ceko. Hasil itu membuat La Furia Roja terpaku di urutan ketiga klasemen dengan dua poin. Selanjutnya, Spanyol bakal bersua Swiss pada Jumat, 10 Juni mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *