BERITA BOLA

Indonesia Diajak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Shin Tae-yong Masih Pegang Timnas Indonesia?

MAJALAHSINGAINDONESIA diajak menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Akankah Shin Tae-yong masih menangani Timnas Indonesia jika hal ini benar terwujud?

Ya, Indonesia diajak menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 oleh Kamboja. Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, menyerukan Asia Tenggara untuk bersama-sama menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia pada 2034 atau 2038.

Trofi Piala Dunia

Hun Sen mengajak sejumlah negara di Asia Tenggara untuk bergandengan tangan mewujudkan rencana ini agar menjadi kenyataan. Dalam hal ini, Hun pria yang juga menjabat sebagai Ketua ASEAN 2022 ini tak hanya mengajak Indonesia, tetapi juga sejumlah negara lain di ASEAN.

“Sebagai Ketua ASEAN 2022, saya ingin melihat ASEAN memiliki visi dan rencana untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia sepakbola pada 2034 atau 2038,” ujar Hun Sen, sebagaimana dilansir dari The Thao 274, Minggu (19/6/2022).

“Saya akan melihat kelayakan dan ingin sponsor hadir. Para pemimpin ASEAN mendukung inisiatif ini dan mengimplementasikannya,” sambungnya.

“Saya ingin mengirim pesan ini bersama dengan jersey saya – yang saya terima dari Presiden FIFA ketika kami menandatangani perjanjian antara ASEAN dan FIFA di Bangkok pada 2019. Melalui Christian Karembeu, ASEAN ingin mempostingnya, tuan rumah Piala Dunia dan saya akan mempromosikan inisiatif ini dengan serius,” jelas Hun Sen.

Jika rencana ini terlaksana, ini akan menjadi titik balik bersejarah bagi sepakbola Asia Tenggara. Sebab, Asia Tenggara akhirnya bisa unjuk kekuatan di kancah dunia pada olahraga paling digemari di dunia itu.

Sejumlah negara di ASEAN sendiri memang terus menunjukkan kekuatannya di dunia sepakbola, seperti Vietnam, Thailand, Indonesia, atau bahkan Kamboja. Empat negara di ASEAN bahkan baru saja sukses menembus Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong

Jika benar negara-negara di ASEAN, termasuk Indonesia, berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2034, akankah Timnas Indonesia masih ditangani Shin Tae-yong? Kehadirannya pun bisa baik untuk Indonesia karena Shin Tae-yong punya pengalaman menangani Timnas Korsel berlaga di Piala Dunia 2018.

Terlepas dari hal itu, Asia sendiri telah dua kali menjadi tuan rumah Piala Dunia. Pertama kali pada 2002, ketika diadakan di Jepang dan Korea. Tahun ini, Qatar yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Laga putaran final akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *