BERITA BOLA

Euro 2020: 8 Fakta Menarik Pasca-Timnas Denmark Hajar Rusia

FOTO: Denmark Lumat Rusia 4-1 di Euro 2020

bolasingaLOUNGE – Timnas Denmark memetik kemenangan meyakinkan atas Rusia pada laga terakhir Grup B Euro 2020, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. Berkat hasil positif tersebut, Denmark berhasil lolos ke-16 besar.

Menjalani pertandingan di Parken Stadium, Timnas Denmark bertekad memetik tiga poin. Mereka membutuhkan kemenangan demi bisa melenggang ke fase knock-out Euro 2020, setelah dalam dua laga pertama Grup B menelan kekalahan.

Tim berjulukan The Danish Dynamite itu pun langsung tampil menekan sejak bola digulirkan. Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, Timnas Denmark mencatatkan 61 persen penguasaan bola, berbanding 39 persen milik Rusia.

Selain itu, Denmark melepaskan 16 tembakan yang 10 di antaranya mengarah ke gawang. Adapun Rusia hanya memperoleh dua peluang bagus dari enam kesempatan.

Bermain dominan, Denmark berhasil melumat Rusia dengan skor 4-1. Keempat gol The Danish Dynamite disarangkan Mikkel Damsgaard (38′), Yussuf Poulsen (59′), Andreas Christensen (79′), dan Joakim Maehle (82′). Sementara itu, gol tunggal Rusia dicetak Artem Dzyuba menit ke-70.

Kemenangan tersebut membuat Denmark melesat ke urutan dua Grup B dengan nilai tiga. Mereka unggul produktivitas gol atas Finlandia dan Rusia yang menghuni posisi tiga dan empat.

Berkat torehan itu, Timnas Denmark melenggang ke-16 besar Euro 2020, mendampingi Belgia yang lolos sebagai juara grup. Pada fase knock-out, Denmark akan bersua Wales di Johan Cruyff Arena, 26 Juni mendatang.

Sejumlah data dan fakta menarik tersaji pasca-duel Timnas Denmark versus Rusia pada laga terakhir Grup B Euro 2020.

Berikut ini adalah ulasannya.

1. Timnas Denmark untuk pertama kalinya lolos ke fase knock-out putaran final Euro, setelah terakhir kali terjadi pada 2004. Namun, langkah Denmark ketika itu harus terhenti pada perempat final.

2. Denmark adalah tim pertama dalam sejarah Euro yang mencapai fase knock-out setelah menelan kekalahan dalam dua pertandingan pembuka.

3. Berusia 20 tahun dan 353 hari, Mikkel Damsgaard adalah pemain termuda Denmark yang mencetak gol di Euro.

4. Mikkel Damsgaard kini telah mencetak tiga gol dalam lima pertandingan yang sudah dijalaninya bersama Timnas Denmark.

5. Timnas Rusia hanya mencatat satu clean sheet dalam 11 laga terakhir pada putaran final Euro.

6. Selain ke gawang Finlandia, Yussuf Poulsen juga mencetak gol ketika bersua Belgia pada laga kedua Grup B Euro 2020. Torehan tersebut membuat Yussuf Poulsen menjadi pemain kedelapan di Timnas Denmark, yang berhasil mencetak lebih dari satu gol pada putaran final Euro.

7. Andreas Christensen mencetak golnya yang kedua dari 44 penampilan yang sudah dimainkan bersama Timnas Denmark.

8. Artem Dzyuba kini telah mendulang 30 gol bersama Timnas Rusia. Dia menyamai rekor gol milik Aleksandr Kerzhakov.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *